Assalamu'alaikum! | About Us | Contact | Register | Sign In

Friday, August 10, 2012

Jilbab Model Punuk Unta, Tidak Boleh?

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Saya pernah baca di sebuah status di FB tentang hadist yang menyatakan "Tidak akan mencium baunya surga seorang muslimah yang berjilbab tapi telanjang, berjalan melenggak-lenggok badan di depan sekumpulan lelaki yang bukan muhrimnya, kepalanya menyerupai punuk unta yang miring "

Yang saya tanyakan: apa yang dimaksud dengan punuk unta yang miring? Apa mungkin jilbab gaul yang modelnya (sanggul) seperti punuk unta itu haram hukumnya? Makasih pak ustadz... wassalamu'alaykum warahmatulahi wabarakatuh.

JAWAB: Wa'alaikum salam wr wb. Ya benar, para ulama menafsirkannya sebagai jilbab gaya punduk unta yang modelnya sanggul. Itu haram hukumnya menurut para ulama berdasarkan hadits karena model itu justru bisa menarik perhatian.

Hadits dimaksud terjemahan lengkapnya sebagai berikut:

“Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya, (1) Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (maksudnya penguasa yang dzalim) dan (2) perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi syurga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jaraknya jauh sekali).” (HR. Muslim dan yang lainnya).

Penafsiran yang masyhur makna “kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta” adalah mereka membuat kepala mereka menjadi nampak besar dengan menggunakan kain kerudung atau selempang dan lainnya yang digulung di atas kepala sehingga mirip dengan punuk-punuk unta.

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani dalam fatwanya menyatakan, seorang wanita mengumpulkan (menggelung/sanggul) rambutnya di atas lehernya dan di belakang kepalanya yang membentuk benjolan sehingga ketika wanita itu memakai hijab, terlihat bentuk rambutnya dari belakang hijabnya  adalah kesalahan yang terjadi pada banyak wanita yang memakai jilbab. Sesungguhnya hal ini menyelisihi syarat hijab yang telah kukumpulkan dalam kitabku “Hijab al-Mar’ah al-Muslimah minal Kitab was Sunnah”.

Di antara syarat-syarat tersebut adalah pakaian mereka tidak membentuk bagian tubuh atau sesuatu dari tubuh wanita tersebut, oleh karena itu tidak boleh bagi seorang wanita menggelung rambutnya dibelakang kepalanya atau disampingnya yang akan menonjol seperti itu, sehingga tampaklah bagi penglihatan orang, walaupun tanpa sengaja bahwa itu adalah rambut yang lebat atau pendek. Maka, wajib untuk mengurainya dan tidak menumpuknya. (Fatwa ‘Al-Lajnah Ad-Da’imah). Wallahu a’lam.* (Tim Asatidz DDHK News)
Share this article now on :

+ comments + 7 comments

Rindu Diajeng Ayoe
August 8, 2012 at 9:31 AM

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
terima kasih atas penerangannya,yang mau saya tanyakan di sini..
kenapa sekarang kayaknya serba bersaing tentang hadits hadits yang melarang seorang muslimah memakai jilbab yang jelas jelas menutupi seluruh rambutnya,hanya beda model aja di permasalahkan,seharusnya di tengok ulang tujuannya kemana dulu bukan yang di tafsirkan di atas: “Tidak akan mencium baunya surga seorang muslimah yang berjilbab tapi telanjang, berjalan melenggak-lenggok badan di depan sekumpulan lelaki yang bukan muhrimnya, kepalanya menyerupai punuk unta yang miring ”

saya rasa ini terlalu berlebihan,makin marak bermunculan hadits hadits yg menyudutkan....

takutnya bagaimana pandangan dari non muslim yang baca arttikel2 seperti ini,noh.....tuh....sudah berjilbab aja masih di debat apalagi yg belum berjilbab...?

maaf lahir batin
saya hanya berbicara atas suara terbanyak dari luaran

Terimakasih Rindu Diajeng Ayoe atas Komentarnya di Jilbab Model Punuk Unta, Tidak Boleh?
August 8, 2012 at 9:52 AM

Wa'alaikum salam wr wb. Intinya begini Mbak, ibadah itu harus sesuai dengan tuntutan dan tuntunan Islam juga, tidak bisa semau kita, tapi harus mematuhi aturan Allah SWT. Agama lain pun demikian, punya aturan sendiri dalam ibadah, tidak bisa semaunya. Wallahu a'lam.

Terimakasih editor atas Komentarnya di Jilbab Model Punuk Unta, Tidak Boleh?
Ratieh el-satim
August 8, 2012 at 2:42 PM

Masya Allah...
Syukran atas nasehat dan infonya... :)

Terimakasih Ratieh el-satim atas Komentarnya di Jilbab Model Punuk Unta, Tidak Boleh?
Aku
November 3, 2012 at 9:04 AM

mm yang dimaksud punuk unta itu rambut yang sengaja disanggul tp tidak dijilbabi ataukah yg berjilbab tapi krn rambutnya panjang jadinya diikat 2 kali, sehingga ketika dipakaikan jilbab jadi tampak seperti ada tonjolan?
Kalau ketentuannya ketika berjilbab rambutnya diurai, saya pernah mencoba tp malah terlihat rambutnya dan tidak rapih..
mohon dijelaskan dengan pemahaman yang jelas..

Terimakasih Aku atas Komentarnya di Jilbab Model Punuk Unta, Tidak Boleh?
November 3, 2012 at 10:29 AM

UPDATE!
Adapun “kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta”, maknanya adalah mereka membuat kepala mereka menjadi nampak besar dengan menggunakan kain kerudung atau selempang dan lainnya yang digulung di atas kepala sehingga mirip dengan punuk-punuk unta. Ini adalah penafsiran yang masyhur.

Al Maaziri berkata: dan mungkin juga maknanya adalah bahwa mereka itu sangat bernafsu untuk melihat laki-laki dan tidak menundukkan pandangan dan kepala mereka.

Sedang Al Qoodhiy memilih penafsiran bahwa itu adalah yang menyisir rambutnya dengan gaya condong ke atas. Ia berkata: yaitu dengan memilin rambut dan mengikatnya ke atas kemudian menyatukannya di tengah-tengah kepala sehingga menjadi seperti punuk-punuk unta.

Lalu ia berkata: ini menunjukkan bahwa maksud perumpamaan dengan punuk-punuk unta adalah karena tingginya rambut di atas kepala mereka, dengan dikumpulkannya rambut di atas kepala kemudian dipilin sehingga rambut itu berlenggak-lenggok ke kiri dan ke kanan kepala. Wallahu a'lam

Terimakasih editor atas Komentarnya di Jilbab Model Punuk Unta, Tidak Boleh?
November 28, 2012 at 1:45 AM

Terima kasih atas info ini.
tapi mohon d tunjukkan hadits beserta arabnya dan artinya
cz sya membutuhkan untuk memberitahukan kpd saudara sya
cz dia tak percaya akan jilbab yang menyerupai punuk unta

Terimakasih Aozora ernie Arienta atas Komentarnya di Jilbab Model Punuk Unta, Tidak Boleh?
November 28, 2012 at 5:19 AM

( صنفان من أهل النار لم أرهما قوم معهم سياط كأذناب البقر يضربون بها الناس ونساء كاسيات عاريات مائلات مميلات رؤوسهن كأسنمة البخت المائلة لايدخلن الجنة ولا يجدن ريحها وان ريحها لتوجد من مسيرة كذاوكذا )
رواه أحمد ومسلم في الصحيح .

Sumber/Lebih Lengkap: http://www.kajianislam.net/2011/11/beginilah-gambar-perempuan-yang-kepalanya-ibarat-punuk-onta-yang-disebutkan-oleh-rasulullah-shallallahu-alaihi-wa-ala-alihi-wa-sallam-dalam-hadits-shahih-riwayat-imam-muslim-dan-lainnya-bahwasanya-mer/

Terimakasih editor atas Komentarnya di Jilbab Model Punuk Unta, Tidak Boleh?

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))