Assalamu'alaikum! | About Us | Contact | Register | Sign In

Saturday, August 18, 2012

Haruskah Mandi Sebelum Shalat Id?

shalat idAssalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh... Selamat malam pengasuh DD,  saya mau bertanya tentang satu hal yang berkenaan dengan hari raya Idul Fitri.  Sudah menjadi satu tradisi dalam keluarga saya, setiap pagi di hari raya Idul Fitri, tepatnya sebelum menunaikan ibadah shalat Id, kami (anak-anak) diharuskan untuk mandi keramas oleh orang tua kami.

Nah, yang ingin saya tanyakan adalah,  apakah syariat Islam memang membenarkan dan mengharuskan tradisi mandi keramas sebelum shalat Id, dan jika tidak mandi dan keramas terlebih dahulu sebelum shalat Id, tapi mengerjakan shalat Id, bagaimana hukumnya. Sekian, dan terima kasih DD. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

JAWAB: Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh... Selamat malam juga. Benar. Mandi sebelum shalat id hukumnya sunah. Dianjurkan untuk mandi sebelum pada hari ‘ied sebelum ke tanah lapang, sebagaimana hal ini dilakukan oleh Ibnu Umar yang dikenal semangat mengikuti sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 “Terdapat riwayat yang shahih yang menceritakan bahwa Ibnu ‘Umar yang dikenal sangat mencontoh ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mandi pada hari ‘ied sebelum berangkat shalat (id)”. Wallahu a’lam.*
Share this article now on :

+ comments + 1 comment

priyatmi
August 20, 2012 at 2:33 AM

hehehe....harus mandi dong biar g bau ileeeeeeer,jadi sehger dipandangnya.salam lebaran buar semuanya....

Terimakasih priyatmi atas Komentarnya di Haruskah Mandi Sebelum Shalat Id?

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))