Assalamu'alaikum! | About Us | Contact | Register | Sign In

Monday, October 10, 2011

Cara Mandi Junub bagi Wanita

Sy mau bertanya, bagaimana cara mandi wajib (junub) bagi perempuan secara  benar? Mohon jawaban nya (wida). 082116894XXX. Wassalam.

JAWAB: ‘Aisyah r.a. berkata: “Kami ( istri-istri Nabi Saw) bila salah seorang di antara kami junub, maka dia mengambil (air) dengan kedua telapak tangannya tiga kali, lalu menyiramkannya di atas kepalanya, kemudian dia mengambil air dengan satu tangannya lalu menyiramkannya ke bagian tubuh kanan dan dengan tangannya yang lain ke bagian tubuh yang kiri.” (HR. Bukhari dan Abu Dawud).

Seorang wanita tidak wajib menguraikan (melepaskan) jalinan rambutnya ketika mandi karena junub. Ummu Salamah r.a. berkata:

Aku (Ummu Salamah) berkata: “Wahai Rasulullah, aku adalah seorang wanita, aku menguatkan jalinan rambutku, maka apakah aku harus menguraikannya untuk mandi karena junub?” Beliau bersabda: “Tidak, cukup bagimu menuangkan air ke atas kepalamu tiga kali kemudian engkau mengguyurkan air ke badanmu, kemudian engkau bersuci.” (HR Muslim, Abu Dawud, An-Nasaai, Tirmidzi).

Berdasarkan contoh para istri Rasul tersebut, maka mandi junub bagi wanita pada dasarnya sama dengan pria, yakni membasuh seluruh tubuh, termasuk rambut. Rinciannya: disunahkan wudhu’ dulu, menyiramkan ke atas kepala tiga kali, menggosok kepala hingga air sampai ke pangkal rambut, lalu membasuh seluruh tubuh. Wallahu a’lam.*
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))