Assalamu'alaikum! | About Us | Contact | Register | Sign In

Friday, October 26, 2012

Kurban Setelah Hari Raya Idul Adha, Boleh?

Assalamualaikum.... saya mau tanya.... apakah ada batasan hari saat berkurban? Misalnya berkurbannya setelah hari raya idul adha itu masih bisakah? (BMI Hong Kong).

JAWAB: Wa'alaikum salam wr wb. Boleh, yaitu besok, lusa, dan sehari sesudahnya. Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari ini, Jumat 10 Dzulhijjah 1433 H/26 Oktober 2012.

Waktu pelaksanaan kurban adalah seusai melakukan sholat Idul Adha, 10 Dzulhijjah, sampai terbenamnya matahari pada akhir (menjelang masuk waktu Maghrib) hari Tasyriq, yaitu 13 Dzulhijjah. Jadi, tersedia waktu selama empat hari, yakni tanggal 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah atau 26, 27, 28, dan 29 Oktober 2012.

"Awal pekerjaan kita di hari ini (‘Idul Adha) adalah shalat, kemudian pulang dan menyembelih hewan. Siapa yang melakukannya seperti itu, maka sudah seusai dengan sunnah kami dan siapa yang menyembelih sebelum shalat, maka menjadi daging yang diberikan kepada keluarganya bukan termasuk ibadah ritual.” (HR. Bukhari dan Muslim).

"Orang yang shalat sebagaimana shalat kami dan menghadap kiblat kami dan menyembelih sembelihan kami, maka janganlah menyembelih hingga setelah shalat.” (HR. An-Nasai dan Ibnu Hibban).

"Siapa yang menyembelih sebelum shalat ('Id), maka dia menyembelih untuk dirinya sendiri. Dan siapa yang menyembelih setelah shalat dan dua khutbah, maka dia telah menyempurnakan sembelihannya dan sesuai dengan sunnah muslimin.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Semua hari Tasyrik adalah waktu untuk menyembelih.” (HR. Ibnu Hibban dan Ahmad). Wallahu a'lam.
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))